ENDAPAN TINGGI SULFIDA PADA EMAS

Endapan Tinggi sulfida adalah hasil dari cairan (dominan gas seperti SO2, HF, HCl) yang disalurkan langsung dari magma panas. Cairan berinteraksi dengan tanah dan membentuk asam kuat. Asam ini kemudian membusuk dan melarutkan batuan sekitarnya yang hanya menyisakan silika dibaliknya, sering dalam formasi spons seperti yang dikenal sebagai rongga silika. Emas dan kadang-kadang tembaga kaya akan air asin yang juga naik dari magma kemudian mengendapkan logamnya di dalam tubuh rongga silika spons. Bentuk ini merupakan endapan mineral pada umumnya ditentukan oleh distribusi rongga silika. Kadang-kadang rongga silika dapat meluas jika cairan asam bertemu dengan suatu unit geologi permeable.

Cairan asam secara progresif dinetralkan oleh batu selanjutnya cairan asam tadi menjauh dari patahan. Batu-batu diubah oleh cairan ke dalam mineral sehingga semakin lebih netral-stabil jauh dari patahannya. Akibatnya, zona yang terbentuk dari mineral alterasi hampir selalu terbentuk dalam lapisan shell-seperti sekitar zona sesar. Biasanya urutannya berpindah dari rongga silika (pusat patahan) melewati kuarsa-nontronit lalu ke kaolinite-dickite, yang kaya akan batuan illite ke batuan yang kaya akan klorit saat mencapai zona luar dari alterasi. Nontronit (mineral sulfat) dan kalonite, dickite, (mineral lempung) illite dan klorit umumnya berwarna putih kekuningan. Clay dan alterasi sulfat (disebut sebagai perubahan asam-sulfat) di sistem high-sulfida dapat meninggalkan zona yang sangat besar, kadang-kadang sampai 100 kilometer persegi batuan berwarna visual mengesankan.

ALTERATION IN A HIGH-SULPHIDATION SYSTEM:





Sebaliknya, vein rendah sulfida terbentuk ketika cairan berinteraksi dengan jumlah yang lebih besar dari air bawah tanah saat mereka meningkat dari magma panas. Titik didih yang lama dari cairan dalam sistem rendah sulfida menghasilkan emas kelas tinggi (lebih dari satu ons emas per ton) dan endapan perak. Cairan berinteraksi dengan batuan sekitarnya dalam jangka waktu yang jauh lebih lama daripada cepatnya aliran cairan tinggi sulfida. Akibatnya, cairan menjadi encer dan dinetralkan sehingga silikanya larut. Silika kemudian diendapkan di vein sebagai kuarsa, sering kali saat celah tertutup. Ketika ini terjadi, tekanan gas di bawah bangunan patahan yang tertutup kemudian sampai patahan yang tertutup tadi pecah, yang menyebabkan titik didih dan terendapkannya emas. Setelah ledakan dari titik didih terjadi, kondisi menjadi pasif kembali, dan kuarsa terendapkan sekali lagi. Ini merupakan siklus dari hasil proses yang dikenal dengan tekstur banded dari urat kuarsa-adular'ia khas sistem urat rendah sulfida. Urat kuarsa-adular'ia dapat berisi emas yang bermutu tinggi (lebih dari satu ons emas per ton) dan endapan - endapan perak, selama interval vertikal umumnya 300 sampai 600 meter. Dalam dimensi vertikal ini, nilai emas yang tinggi dapat dibuat dalam sejumlah yang cukup besar dan mudah untuk menambang emas di daerah kompak yang sempit.